Program Studi Teknik Mesin S1

admin hk

1.1.   Sejarah Berdirinya Prodi

Program Studi Teknik Mesin merupakan salah satu Program Studi jenjang S1 (Sarjana) yang pengelolaannya dibawah UPPS Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Sains Alquran Jawa Tengah. Prodi Teknik Mesin (S1) berdiri tahun 2019 dengan diterbitkannya ijin penyelenggaraan dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan NOMOR 923/KPT/I/2019 Tentang Ijin Pembukaan Program Studi Teknik Mesin Program Sarjana Pada Universitas Sains Al-Quran tertanggal 3 Oktober 2019 dengan status TERAKREDITASI.

Program Studi Teknik Mesin S1 mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2020/2021. Beberapa keunggulan lokal dan tantangan perkembangan teknologi kedepan menjadi pondasi dalam penyelenggaraan Pendidikan.  Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki 6 (enam) kompetensi meliputi digital thinking, critical thinking, creative, collaboration, communication dan compassion. Untuk ituperguruan tinggi dalam pengembangan kurikulum di era-Revolusi Industri 4.0 harus dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia yang berakhlak mulia berdasarkan pemahaman keyakinan agama.

1.2.   Visi : Menjadi Program Studi Teknik Mesin yang unggul dan menghasilkan lulusan di bidang Pengembangan EBT dan Manufaktur yang Transformatif, Humanis dan Qurani.

1.3.   Misi:

Program Studi Teknik Mesin S-1 mampu bersaing di tingkat nasional dalam:

  1. Menyelenggarakan  pendidikan  Teknik  Mesin  yang  berkualitas,  sehingga mempunyai keunggulan kompetitif dan komperatif
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian untuk mendukung kemajuan ilmu pengetahuan Teknik Mesin
  3. Mengupayakan  pengabdian  kepada  masyarakat  atas  dasar  tanggung  jawab  sosial demi kepentingan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan industri dan pihak-pihak terkait.

1.4.   Tujuan Program Studi:

Program  Studi  Teknik  Mesin  S-1  bertujuan  menghasilkan  Sarjana  Teknik  Mesin dengan  profesionalisme  yang  kuat  dan  mempunyai  etika  profesi  dalam  bidang keteknikan (engineering) dan menyediakan pendidikan profesional berkualitas tinggi dalam  ilmu  Teknik  Mesin.  Lulusan  mempunyai  kemampuan  wirausaha  dan  proses inovasi. Selain itu, lulusan mempunyai kapabilitas untuk berpikir sistematis, logis dan rasional  dan  mampu  menganalisa  dan  mensintesa  karakteristik  ilmu  Teknik  Mesin, sehingga mampu bekerja dibidangnya baik perseorangan maupun dalam teamwork dan mampu  beradaptasi  serta  mengembangkan  diri  dalam  perkembangan  ilmu  dan teknologi.

Pengelolaan  Program  Studi  akademik  yang  kuat  dengan  tujuan  pendidikan  agar lulusan mempunyai kemampuan sebagai berikut:

  1. Sarjana yang memiliki kemampuan hardskill  dan kemampuan softskill
  2. Mampu beradaptasi dan bersaing dalam bidang yang ditekuninya.
  3. Mengikuti  perkembangan  ilmu  pengetahuan  khususnya  komputasi,  karena dewasa  ini  sangat  dipengaruhi  oleh  kemajuan  dalam  bidang  komputasi (komputer). Perkembangan metode simulasi proses, desain dan manufaktur yang menggunakan bantuan komputer
  4. Memiliki jiwa kreatif dan inovatif
  5. Mengetahui konservasi energi dan efisiensinya serta keselamatan kerja  (safety) tetap merupakan salah satuprioritas utama di industri.
  6. Pemahaman manajemen pengawasan, perawatan dan analisa permesinan.
  7. Kerjasama  (teamwork)  antar  bidang  yang  baik,  yang  dilandasi  oleh  jiwa kepemimpinan (leadership).
  8. Memahami masalah dampak lingkungan dan analisa dampak lingkungan.
  9. Memiliki jiwa kebangsaan dan peduli kepada masyarakat.

1.4.  Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Teknik Mesin S-1 secara umum yaitu menjadi Sarjana Teknik yang mampu menganalisis dan mendesain sistem mekanika (mekanika, energi, material dan manufaktur) serta berkontribusi dalam penyelesaian masalah rekayasa yang kompleks (complex engineering problems).

Adapun secara terperinci dapat dilihat pada tabel 2.2 berikut ini:

  Tabel 2.1 Profil Lulusan program Studi Teknik Mesin S1

Profil LulusanKeterangan
Supervisor TeknikLulusan Teknik mesin diharapkan akan mampu berperan sebagai supervisor teknik, dengan kualifikasi: 1. Mampu melakukan supervisi di bidang teknik 2. Mampu bertanggung jawab terhadap pengaturan jadwal kerja, pengawasan kerja Engineering 3. Melakukan koordinasi pekerjaan di lapangan dengan bagian-bagian terkait
PenelitiLulusan Teknik Mesin diharapkan akan mampu berperan sebagai Peneliti di bidang Konversi Energi atau Material atau Manufaktur.
Perancang SistemLulusan Teknik Mesin diharapkan akan mampu berperan sebagai Perancang Sistem Mekanikal, Perancang Proses Manufaktur, Perancang Sistem Konversi Energi.
Perekayasa TeknikLulusan Teknik Mesin diharapkan akan mampu berperan sebagai Perekayasa Teknik di bidang konstruksi mekanikal
TecnopreneurLulusan Teknik Mesin diharapkan akan mampu berperan sebagai Technoprenuer yaitu: Mampu menjadi wirausahawan di bidang Konversi Energi atau Material atau Manufaktur.
Mahasiswa S2Mahasiswa pasca sarjana merupakan lulusan PSTM  yang  melaksanakan studi lanjut pada jenjang yang lebih tinggi.